Sunday, January 8, 2012

Tentang Stand Up Comedy

Sori ya para pembaca, gue cut dulu part tentang Yokoso Japan. Gue tiba-tiba pingin nulis tentang stand up comedy. Daripada gue lupa materi tulisannya apa, gue cepet-cepet tulis deh...heheee...


Tentang Stand Up Comedy Indonesia –

Waktu itu perut gue gak lagi laper. Dan dengan tiba-tiba nyeletuk “hoi gue pingin burger nih, lo ga pergi ke warung burger terdekat??” Gue yang saat itu lagi asik nonton ‘How I Met Your Mother’ langsung menanggapi “oke.. its gonna be awesome!”
“Tapi nunggu satu episode lagi ya” kata gue
“kriuuukkkk.....” cuma dijawab gitu sama perut gue
Satu-satunya warung burger yang terlintas dikepala gue cuma “Burger Bunder” @BurgerBunder, warung burger punya temen gue Vega (@vkumala). Dan meluncurlah gue kesana.
Di warung kalo gue cerita makan burger doang pasti uda klise... kalo gue cerita gue makan burger trus ada adik kecil maksa jual koran dengan alasan sekolah, itu juga uda sering denger. Kalo gue makan burger trus tiba-tiba ada mbak-mbak seksi duduk dengan motivasi yang ga jelas, uda pasti warung burger ini bakal rame gak karuan. Tapi itu semua tidak tejadi...yang terjadi adalah gue dapet cerita tentang StandUp Comedy.
Jadi ceritanya gue ketemu sama bang Arthur (@iwillmarryhana), manager standUp Surabaya. Doi sebenernya dateng untuk ketemu anak-anak BurgerBunder. Dari pertemuan ga sengaja ini gue dapet cerita menarik seputar Stand Up Comedy, khususnya di Surabaya. Di Surabaya sendiri stand up comedy rutin digelar di Comedy Kopi (@Comedykopi) di Grand City setiap hari rabo. Mongol (@Mongol_Stres) yang rutin ngisi setiap Rebo. Ada juga yang rutin lagi di Matchbox Too. Tapi gue sendiri kurang begitu paham sama jadwal yang di Matchbox Too, mungkin bisa langsung liat twitternya di @MatchboxToo.
Menurut pengakuan bang Arthur, komunitas stand up comedy Surabaya ini ga disengaja juga. Mereka saling ketemu waktu acara open mic bebas. Jadi awalnya mereka hanya penonton biasa yang nekat untuk open mic. Cuma kalo di Surabaya orang-orangnya ga segiras di Jakarta Bandung. Animo penonton yang mau ikutan open mic di Surabaya ga setinggi seperti penonton di Jakarta/Bandung.
Kalo mau tau banyak tentang standup sebenernya ga susah, kita tinggal liat aja kultwit dari @RadityaDika ato kalo ga @pandji. Tapi kalo ga mau susah lagi, lo bisa baca artikel gue ini aja deh..hehehee.. gue pingin menceritakan kembali apa yang dicritain bang Arthur kemarin malem.
Pada dasarnya standup comedy itu lawakan yang menceritakan tentang sesuatu (bukan Syahrini) yang diceritakan dengan sudut/perspektif yang lucu. Kalo lebih serius googling akan nemu definisi sperti ini “Stand Up Comedy itu monolog lucu yang menceritakan ulang fenomena sosial yang ada di masyarakat. Mengambil sample dari kehidupan dan diceritakan kembali kepada penonton”. Tapi standup beda dengan story telling. Story telling itu menceritakan kembali cerita orang lain. Sedangkan standup itu menceritakan kisah hidup lo sendiri. Menyikapi cerita itu supaya bisa dinikmati sebagai lelucon ini yang menjadi akar dari stand up comedy. Ada salah satu comic dari papua, gue lupa namanya siapa. Doi punya kebiasaan dari kampung halamanya untuk ber-storytelling. Story telling ala orang papua namanya MOB. Isitilah gaulnya nge-MOB. Istilah googling-nya sih cerita lucu ala papua (MOB). Kalo mau liat contoh-contoh mob, bisa berkunjung ke sini http://humorpapua.blogspot.com/ . Ada lagi turunan dari story telling yang masih dipakai comic untuk dimasukin ke materi stand up mereka, yaitu anekdot. Menurut kamus definisi anekdot adalah cerita singkat yg menarik karena lucu dan mengesankan, biasanya mengenai orang penting atau terkenal dan berdasarkan kejadian yg sebenarnya. Salah satu anekdot yang populer:
Seorang cewek masuk RS untuk menjalani operasi.
Sesudah operasi si cewek bertanya, “Dok, berapa lama saya harus
menunggu sampai saya bisa kembali melakukan hubungan seks?”
Jawab  dokter, “Hm…terus terang baru kali ini saya ditanyai pertanyaan
semacam itu sehabis operasi amandel”
Biasanya anekdot ini dimodif supaya bisa sesuai dengan materi para comic.
Ada beberapa istilah dalam stand up comedy, berikut ini gue rangkum dari tweetnya @StandUpIndo_SBY  :






Lebih tau tentang stand up indonesia.
Oke guys kayaknya cerita gue segitu dulu, mungkin kalo lo mau tau lebih banyak tentang stand up Indonesia bisa klik beberapa link dibawah ini:
http://www.mindtalk.com/ch/StandUpComedy#!/post/4e9ea53cf7b73028df00037d 
http://neonspark.wordpress.com/2012/01/05/stand-up-comedy-tips-by-radityadika-persona/ 
http://www.pandji.com 
http://humorologi.wordpress.com/ 
http://www.youtube.com/standupcomedyindo

By the wayy...kenapa gue jadi serius ngebahas stand up comedy ya? Hahahaa...padahal maksud gue cuma intermezo doang. Ya sudah deh gpp...yang penting gue uda ikut men-syiar-kan tentang stand up Indonesia :D . Oya mungkin next post gue mau ngeliput warung temen gue @BurgerBunder...heheee... oke deh see you next post.

No comments:

Post a Comment